Selasa, 05 Mei 2015

CONTOH LAPORAN PROJECT WORK


LAPORAN
PROJECT WORK
INSTALASI SISTEM OPERASI WINDOWS 7 MENGGUNAKAN FLASHDISK
DAN MENDESAIN ANIMASI GAYA TARIK BUMI
MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8
                                                                                                       





OLEH:
YOHANES GEGER AGUSTA LEPENG
NIS.0521
SMK NEGERI 1 TELAGASARI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
KOTABARU
2013



KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia dan anugerah-Nya penyusun dapat menyelesaikan Proposal Project Work dengan judul “INSTALASI SISTEM OPERASI WINDOWS 7 MENGGUNAKAN FLASHDISK DAN MENDESAIN ANIMASI MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8”.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan dan penyelesaian proposal ini antara lain:
1.      Bapak Drs. Sugiyatno, M.Si selaku Kepala SMK Negeri 1 Telagasari.
2.      Ibu Ezra Femi Bunga, S.Kom selaku guru teknik komputer dan jaringan dan ketua program studi keahlian teknik komputer dan jaringan.
3.      Ibu Nur Ikawati, S.T selaku guru pembimbing.
4.      Semua dewan guru dan teman-teman yang telah membantu sehingga proposal project work ini terselesaikan.
Penyusun menyadari bahwa proposal project work ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penyusun harapkan untuk perbaikan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Telagasari. Amiin.




Telagasari, November  2013



                                                                                                        Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang
Arus informasi dan teknologi yang semakin cepat sekarang ini, telah membawa banyak perubahan bagi masyarakat dunia yang menggunakan teknologi tersebut. Salah satu hasil teknologi adalah adanya Sistem Operasi (SO) dan Program Aplikasi (PA) yang sangat membantu pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Sistem operasi dan progaram aplikasi tersebut tidak hanya membantu mengolah hasil pekerjaan, tetapi juga mempermudah dalam pengoperasian komputer.
Sebuah komputer, tidak akan dapat bekerja tanpa Sistem Operasi, sama halnya dengan Program Aplikasi, tidak akan dapat bekerja tanpa Sistem Operasi, tetapi Sistem Operasi dapat bekerja tanpa Program Aplikasi. Sistem Operasi Windows 7 merupakan Sistem Operasi Windows terbaru saat ini yang diciptakan Microsoft sebagai penyempurna dari Windows Vista. Kelengkapan fitur dan kemampuannya yang semakin luar biasa merupakan satu-satunya alasan kenapa orang lebih memilih untuk menggunakan Sistem Operasi ini.
Kebanyakan orang lebih memilih cara instalasi menggunakan CD-ROOM dengan kapasitas 700 MB atau lebih, namun pada saat ini telah ditemukan cara baru untuk menginstalasi Sistem Operasi pada komputer atau laptop yang menggunakan peralatan peripheral yang biasanya disebut dengan flashdisk.
Untuk dapat menginstal Sistem Operasi Windows 7 diperlukan suatu Program Aplikasi yaitu Novicorp WinToFlash yang berguna sebagai bootable agar komputer dapat membaca isi dari flasdisk pada saat booting. Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk membuat bootable Sistem Oeprasi.
Keuntungan menginstal menggunakan flashdisk yaitu mempunyai kecepatan stabil dan lebih cepat daripada menggunakan CD-ROOM dan juga bagi pengguna komputer atau laptop yang tidak memiliki CD-ROOM akan lebih mudah menginstalasi.
Seiring dengan perkembangan Sistem Operasi (SO) yang terbaru, diciptakannya pula program aplikasi-program aplikasi yang membantu user dalam belajar, bekerja, mengerjakan tugas dan lain sebagainya.
Adapun Program Aplikasi tersebut adalah Macromedia Flash Profesional 8. Program Aplikasi ini merupakan salah satu software yang dapat digunakan dalam mengembangkan pembuatan media pembelajaran. Macromedia Flash Profesional 8 memiliki fiture yang menyediakan keperluan untuk membuat animasi.
Sekarang ini sudah menjadi tradisi bahwa hapir sebagian siswa tidak menyukai pelajaran fisika. Dengan Macromedia Flash Profesional 8, dapat ditampilkan suatu animasi yang membantu memvisualisasikan suatu gaya tarik bumi agar dapat dihadirkan didalam kelas dan dapat diamati oleh siswa. Dengan demikian siswa akan lebih semangat dalam mempelajari gaya tarik bumi. Konsep inilah yang harus dipegang yaitu berusaha untuk mempermudah siswa dalam belajar melalui animasi.
Berpegang dari konsep di atas, maka disini akan dirancang dan dibangun sebuah animasi gaya tarik bumi dengan kumpulan gambar yang bergerak dan tampilan yang menarik dengan menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8.
Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan, maka penyusun memilih judul project work “INSTALASI SISTEM OPERASI WINDOWS 7 MENGGUNAKAN FLASHDISK DAN MENDESAIN ANIMASI GAYA TARIK BUMI MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8”

B.       Tujuan
Tujuan dari pembuatan kegiatan ini adalah :
1.        Sebagai implementasi dari kopetensi yang ada dalam kurikulum SMK
2.        Melatih siswa lebih mandiri dalam mengenal dan memecahkan masalah di lapangan.
3.        Sebagai suatu pengetahuan untuk menginstal Sistem Oeprasi Windows 7 agar lebih mudah dan lebih cepat.
4.        Menjadikan Sistem Operasi Windows 7 yang lebih unggul dari pada Sistem Operasi Windows lainnya.
5.        Membuat desain animasi gaya tarik bumi yang menarik sehingga dapat menambah minat siswa dalam belajar.
6.        Mempermudah siswa dalam mempelajari peristiwa alam.

C.      Permasalahan
Sesuai dengan judul project work ini “Instalasi Sistem Operasi  Windows 7 dan Mendesain Animasi Menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8”, maka permasalahannya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1.        Sebuah komputer tidak bisa bekerja tanpa adanya Sistem Operasi.
2.        Banyak user menggunakan Sistem Operasi Windows 7, tetapi belum bisa menginstal ulang jika terjadi kerusakan.
3.        Instalasi Sistem Operasi Windows 7 menggunakan flashdisk lebih cepat dari pada menggunakan CD
4.        Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8 dapat membantu kegiatan belajar berbagai hal tanpa memandang usia.
5.        Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8 dapat dimanfaatkan untuk membantu proses belajar dengan animasi.
6.        Pembuatan animasi gaya tarik bumi menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8.

D.      Batasan Masalah
Agar proposal ini dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta memperhatikan keterpaduan waktu dan kemampuan, maka dalam project work ini diberikan batasan masalah khususnya pada “Instalasi Sistem Operasi  Windows 7 Menggunakan Flashdisk dan Mendesain Animasi Gaya Tarik Bumi Menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8”

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


A.      Windows 7
Windows 7 merupakan rilisan terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009, dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah merilis pendahuluan Windows Vista.
Pada mulanya, versi windows ini sebelumnya dikenal dengan sebutan blackcomb yang direncanakan sebagai pengganti Windows Xp dan Windows Server 2003. Namun rilisan sementara diberi kode longhorn atau yang kita kenal dengan sebutan Windows Vista yang diumumkan tahun 2003 menunda perkembangan blackkomb.
Pada pertengahan 2003, longhorn menemukan kelemahan sistem operasi windows dengan cepat, lalu microsoft mengganti prioritas pengembangan blackkomb diubah namanya diwina pada awal 2006, dan menjadi Windows 7 di tahun 2007, dan Windows 7 ini rilisan terbaru dari Microsoft Windows.
Tidak seperti pendahuluan yang memperkenalkan sejumlah besar fitur baru, Windows 7 dimaksudkan untuk menjadi sebuah upgrade, lebih dipusatkan untuk menambah fitur windows. Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri dari enam edisi yaitu Windows 7 Staeter, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Profesional, Windows 7 Ultimate, dan Windows 7 Enterprise. (http://e-ilmugratis.blogspot.com/2011/10/sejarah-windows-7.html)

B.       Kelebihan Windows 7
Booting lebih cepat, Irit konsumsi daya, Optimasi dalam prefetching, Adanya aplikasi Device Storage, Dapat memilih jaringan wereles hanya dengan satu kali klik dari sistem try, Mendukung teknologi multi touch (layar sentuh), Sistem pencarian data yang lebih cepat, Tampilan dan aplikasi lebih menarik (Snap, Home Group, Jump List, Windows Media Senter, dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit, Mengoptimisasi Prefetching baik untuk HD maupun SSD, Tampilan lebih bagus dari segi tiga dimensinya yang menonjol, Fitur security yang benar-benar ketat. (http://ken-zoo.blogspot.com/2012/03/kelebihan-dan-kekurangan-windows-7.html)

C.      Kekurangan Windows 7
Adapun kekurangan Windows 7 yaitu beberapa aplikasi belum bisa beroprasi di Windows 7, Bug pada Windows Player 12, Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Windows Vista namun tidak di Windows 7, Masih banyak Hardware dan Software yang belum support dengan Windows 7. (http://ken-zoo.blogspot.com/2012/03/kelebihan-dan-kekurangan-windows-7.html)
D.      Macromedia Flash
Macromedia Flash merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat presentasi, publikasi, multimedia, CD interaktif animasi, film kartun iklan atau aplikasi lainya yang membutuhkan ketersediaan sarana interaksi dengan penggunaannya. Proyek yang dibuat dengan Flash bisa terdiri atas teks, gambar, animasi sederhana, video, atau efek-efek khusus lainnya.
Macromedia Flash diproduksi oleh Macromedia Corporation, sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak dalam bidang animasi, pengembangan sistem web dan multimedia. Flash dikembangkan sejak tahun 1996, dan pada awalnya hanyalah merupakan program animasi sederhana GIF Animation, tetapi sekarang sudah berkembang menjadi aplikasi raksasa yang di gunakan oleh hampir semua orang yang menekuni desain dan animasi berbasis komputer. Sampai saat ini, Macromedia Flash telah dikembangkan dalam beberapa versi. Setelah sampai pada versi Flash 6, muncul teknologi Flash 7 yang dikenal dengan Macromedia MX dan yang terakhir sampai saat penulisan projec work ini adalah versi 8 atau yang dikenal dengan Macromedia Flash Profesional 8.
Macromedia Flash merupakan aplikasi interaktif dengan berbagai kelebihan. Beberapa faktor yang mendukung kepopuleran Flash sebagai sebuah aplikasi untuk keperluan desain dan animasi antara lain adalah memiliki format grafis berbagai vektor, kapasitas file yang kecil, memiliki kemampuan tinggi dalam mengatur interaktivitas program, memiliki kelengkapan fasilitas dalam melakukan desain, dan sebagainya. (http://www.alimmahdi.com/2010/02/sejarah-flash-macromedia-flash-sebelum.html)

E.       Kelebihan Macromedia Flash
Berikut ini merupakan kelebihan dari Maromedia Flash Profesional 8 :
1.    Multiplatform : Dengan kelebihan ini pemrograman cukup menulis sebuah aplikasi flash dan dikompilasi, kemudian hasilnya dapat dijalankan diatas beberapa Sistem Operasi (SO), yang sampai saat ini adalah Windows, Linux, Solaris.
2.    Dapat digunakan untuk membuat aplikasi dekstop atau aplikasi yang berjalan pada jaringan internet.
3.    Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
4.    Hasil akhir flash memiliki ukuran yang lebih kecil setelah di publish.
5.    Gambar flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
6.    Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti AVI, GIF, dan MOV maupun file dengan format.

F.       Kekurangan Macromedia Flash
1.    Grafis kurang lengkap.
2.    Lambat login.
3.    Kurang simpel.
4.    Menu-menu dalam flash tidak user friendly.
5.    Perlu banyak referensi tutoroal.
6.    Cukup sulit dalam pembuatan animasi 3D.
7.    Bahasa pemrogramannya agak susah.
8.    Belum ada template di dalamnya.
9.    Ukuran file besar.


BAB III
METODE


A.      Waktu dan tempat
Kegiatan projek work dengan judul Instalasi Sistem Operasi Windows 7 dengan menggunakan flashdisk dan Membuat animasi Gaya Grafitasi Bumi menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8 ini dilakukan mulai tanggal 5 November 2012 sampai 31 maret 2013 di SMKN 1 Telagasari.

B.       Alat dan bahan
Untuk melakukan Instalasi Sistem Operasi Windows 7  menggunakan flashdisk dan membuat Animasi Gaya Tarik Bumi dengan menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Proesionl 8 memerlukan beberapa alat dan bahan.
1.        Alat
Alat yang digunakan dalam proses instalasi meliputi :
a.         Laptop                           : intel Core i3
b.        Harddisk                                    : 500 GB
c.         RAAM                           : 2 GB DDR2
d.        Monitor                          : 14” inch
e.         Keyboard                       : QWERTY PS 2
f.         Mouse                            : Wirrelles Optical mouse
g.        Flashdisk                        : 8 GB Silicon Power
2.        Bahan
Bahan yang digunakan dalam proses instalasi yaitu :
a.         File Windows 7
b.        Program Aplikasi Novicorp Wintoflash

C.      Prosedur Kerja
1.        Proses penyalinan file sistem operasi ke flashdisk menggunakan program aplikasi Wintoflash adalah sebagai berikut :
Hubungkan flashdisk ke netbook, kemudia buka Program Aplikasi Wintoflash kemudian pilih Transfer Windows Setup Wizard, setelah itu lanjutkan ke mode penyalin file ke USB Flasdisk.  
Setelah itu klik next,  pilih windows file path. Setelah memilih letak file windows 7 klik ok, kemudian pilih usb drive.
Kemudian, pilih berikutnya maka muncul jendela persetujuan lisensi, pilih aku diterima kemudian klik lanjutkan. Setelah itu akan muncul peringatan flashdisk akan diformat, pilih ok dan akan dilanjutkan dengan proses trasfer file windows ke flashdisk 
Setelah selesai, klik berikutnya kemudian pilih keluar. 
Setelah proses transfer file windows ke flashdisk selesai, cabut flashdisk dan hubungkan ke komputer atau netbook yang akan di instal.

2.        Proses instalasi windows 7.
Masuk ke setup BIOS dan ubah urutan pembacaan dari USB agar nantinya mampu booting lewat USB, proses loading file akan dimulai. Pilih bahasa, waktu dan format mata uang, keyboard atau metode input dan klik next.
Selanjutnya klik instal now maka akan muncul jendela persetujuan lisensi. Klik i accept the license terms dan klik next. Setelah itu klik upgrade jika sudah memiliki versi windows sebelumnya atau custom (advanced) jika belum memiliki versi windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru windows 7.                                                  
Pilih drive dimana windows 7 akan di-instal, jika ingin membuat partisi klik opsi Drive Options (Anvenced), buatlah partisi dan kemudian klik next, lewati langkah ini jika memilih upgrade dan hanya memiliki satu partisi.
Sekarang akan dimulai windows 7. Langkah pertama, yaitu windows akan menyalin file. (sudah dilakukan ketika booting flashdisk windows 7 sehingga akan selesai seketika). Setelah menyelesaikan langkah pertama, windows akan memperluas (dekompres) file yang telah disalin. Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.
Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Klik restart now untuk restart tanpa perlu menunggu. Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir maka akan mengambil waktu yang agak lama dari pada waktu yang sebelumnya.

Selanjutnya komputer akan merestart kembali secara otomatis. Klik restart now untuk merestart tanpa perlu menunggu. Setelah selesai merestart, komputer akan muncul kotak teks pengisian nama pengguna. Ketik nama pengguna yang diinginkan dalam kotak teks dan klik next, nama komputer akan otomatis terisi. Setelah pengisian nama pengguna,  ketik kata sandi yang diinginkan pada kotak teks dan klik next. Selanjutnya, ketik kunci produk key dalam  kotak teks dan klik next. Langkah ini dapat dilewatkan dan cukup klik next. Jika kunci produk diisi dalam kotak teks, maka windows akan berjalan selama 30 hari saja. Selanjutnya, pilih opsi yang diinginkan untuk windows update.
Pilih zona waktu untuk pengaturan waktu dan tanggal lalu klik next. Jika terhubung kejaringan apapun, maka komputer akan meminta untuk menetapkan lokasi jaringan. Proses instalasi selesai, tunggu beberapa saat untuk proses loading. Setelah selesai mennginstal, komputer secara otomatis akan terisi program aplikasi bawaan dari windows, misalnya sniping tool, paint, windows media player internet explorer, serta program aplikasi lainnya.
3.        Proses pembuatan animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi macromedia flash profesional 8.
Untuk membuat sebuah animasi gaya tarik bumi, dibutuhkan suatu program aplikasi yang berbasis bahasa pemrograman. Macromedia Flash Profesional 8 merupakan sebuah aplikasi berbasis bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat animasi. Berikut langkah-langkah membuat animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi Macromedia Flash Profesional 8.

Buka program aplikasi macromedia flash melalui start, all program, macromedia flash, atau langsung pada shortcut di dekstop.
Pada kolom create new, pilih flash document untuk mulai membuat.
Setelah memilih flash document, buatlah gambar pohon beserta buahnya pada stage dengan menggunakan line tool dan oval tool serta sesuaikan gambar menggunakan selection tool yang ada pada toolbar, agar lebih mudah dalam pembentukan.
Agar animasi lebih kelihatan hidup,  berikan warna hijau muda dan hijau tua pada daun, kuning pada buah, serta coklat pada batang menggunakan paint bucket tool sehingga akan kelihatan lebih serasi.

Buatlah tulisan “Gaya Grafitasi Bumi” pada samping pohon. Blok tulisan lalu ubah gaya huruf, ukuran, dan warna. Samakan warna huruf dengan beckground sehingga tulisan tidak terlihat.
Selanjutnya, buatlah bentuk oval menggunakan oval tool yang sesuai ukuran tulisan. Ubah warna oval tersebut menjadi biru agar berbeda dengan beckground, letakan bentuk tersebut diluar stage.
Agar oval biru berjalan menuju tulisan, klik kanan pada frame 2 yang terdapat di timeline dan pilih insert keyframe, lalu geser sedikit bentuk tersebut menuju tulisan. Lakukan langkah tersebut berulang-ulang pada frame 3, 4, 5, dan seterusnya hingga frame 40 dan oval menutupi tulisan.
Setelah itu, klik kanan pada frame 60 lalu insert keyframe. Blok tulisan dan oval yang berwarna biru lalu delete, sehingga jika diputar maka tulisan akan menghilang.
Selanjutnya insert keyframe pada frame 61, lalu geser sedikit buah menuju ke tanah, sama seperti pada penggeseran oval. Lakukan langkah tersebut sedikit demi sedikit pada frame 62, 63, sampai frame 90 hingga buah menyentuh tanah, jika di putar maka buah akan terlihat jatuh ketanah.
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, bisa di tambahkan gambar manusia dan lain sebagainya sehingga animasi akan lebih hidup.
Untuk melihat hasil, tekan tombol Control + Enter.
D.      Pengamatan
Dalam masalah pengamatan mengenai Instalasi Sistem Operasi Windows 7 dengan Flashdisk serta membuat Animasi Gaya Tarik Bumi menggunakan Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8 yaitu :
1.        Proses penyalinan file sistem operasi ke flashdisk.
2.        Proses instalasi sistem operasi menggunakan flashdisk.
3.        Proses pembuatan animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi macromedia flash profesional 8.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN


A.      Hasil
Untuk mengetahui hasil project work yaitu instalasi Sistem operasi Windows 7 menggunakan flashdisk dan membuat animasi gaya tarik bumi dengan program aplikasi macromedia flash profesional 8, maka dapat diketahui dari hasil yang telah diamati yaitu proses menginstal Sistem Operasi windows 7 dan membuat animasi gaya tarik bumi menggunakan macromedia flash profesional 8
Langkah-langkah proses instalasai Windows 7 dengan flashdisk dan membuat animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi macromedia flash profesional 8 yaitu :
1.        Proses penyalinan file sistem operasi ke flashdisk menggunakan program aplikasi Wintoflash.
Proses penyalinan file sistem operasi ke flashdisk menggunakan program aplikasi Wintoflash merupakan langkah awal sebelum instalasi, sebab proses ini merupakan proses pengopian file windows ke flashdisk agar pada saat booting komputer dapat membaca melalui flashdisk. 

2.        Proses instalasi windows 7.
                                                        

                      
    Gambar. Jendela tampilan windows 7 yang sudah terinstal
Gambar di atas merupakan jendela tampilan windows 7 yang suda selesai diinstal, serta hanya terdapat beberapa program aplikasi bawaan windows seperti internet explorer, windows media player, paint, sniping tool, calculator, on-screen keyboard, wordpad dan lain-lain. Selain program aplikasi-program aplikasi tersebut,  ada pula program aplikasi permainan bawaan dari windows yaitu meliputi Chess Titans, FreeCell, Mahjong Titans, Minesweeper, Purble Place, Solitaire, dan Spiderman Solitaire. Selain program aplikasi bawaan windows, user juga bisa menginstal program aplikasi permainan lainnya, namun perlu dilakukan penginstalan driver terlebih dahulu agar program aplikasi permainan atau program aplikasi lainnya dapat terinstal.

3.        Proses pembuatan animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi macromedia flash profesional 8.
Untuk membuat sebuah animasi gaya tarik bumi, dibutuhkan suatu ketelitian dan kesabaran programer agar animasi yang dibuat akan lebih kelihatan hidup, seperti pada penggerseran buah dari pohon hingga tanah yang dilakukan sedikit dami sedikit dari frame 61, 62,63, sampai frame 91.
Seperti pada gambar di bawah, bisa dilihat perbedaan antara frame 61, 75, dan frame 91. Dimana frame 61 posisi buah masih menempel pada pohon, frame 75 buah berada ditengah-tengah antara pohon dan tanah, sedangkan frame 91 buah menyentuh tanah.


Gambar. Posisi buah pada frame 61


Gambar. Posisi buah pada frame 75


Gambar . Posisi buah pada frame 91

B.       Pembahasan
Dalam project work instalasi windows 7 menggunakan flashdisk dan membuat animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi macromedia flash profesional 8, dapat diamati bahwa menginstal sistem operasi windows 7 menggunakan flashdisk lebih cepat dibandingkan menggunakan CD (compact disk), data-data lebih lengkap tanpa mengalami corrupt, dapat digunakan untuk netbook  yang tidak mempunyai CD/DVD ROM, instalasi menggunakan flashdisk lebih praktis dan menghemat biaya karena apabila instalasi menggunakan CD (compact disk), harus membeli CD/DVD ROM eksternal yang harganya kira-kira mencapai 500 ribuan sedangkan apabila menggunakan flashdisk yang berukuran 1 GigaByte, harganya hanya 90 ribuan. Instalasi menggunakan flashdisk dapat dikatakan praktis karena hanya tinggal menghubungkan flashdisk ke netbook yang akan di-install kemudian flashdisk dapat digunakan secara berulang-ulang.
Untuk dapat menginstall sistem operasi windows dengan flashdisk, data file windows harus ditransfer ke flashdisk dengan menggunakan bantuan program aplikasi WintoFlash, agar flashdisk dapat dibaca oleh komputer yang akan di-install, maka flashdisk harus terdapat sistem booting yang akan dibaca oleh komputer. Keunggulan WintoFlash dibandingkan dengan program aplikasi transfer lainnya adalah WintoFlash dapat digunakan untuk mentransfer semua sistem operasi versi windows dan keakuratan data-data yang ditransfer ke Flashdisk. Flashdisk yang digunakan minimal berkapasitas 3 GigaByte karena file data windows 7 berukuran lebih dari 2.500 MegaByte.
Setelah data windows 7 ditransfer ke Flashdisk selesai, flashdisk dihubungkan ke komputer yang akan di-install. Setelah dihubungkan ke komputer, BIOS (Basic Input Output System) harus diatur agar pada saat booting, komputer membaca flashdisk untuk booting. Setelah selesasi, tekan F10 lalu Enter. Jika proses booting telah selesai, maka komputer secara otomatis akan merestart dan akan muncul jendela pilihan bahasa, waktu dan format mata uang, keyboard atau metode imput. Setelah langkah tersebut selesai, maka akan muncul jendela perintah instal now. Klik instal now untuk menginstal.
Selain instalasi, dalam project ini juga membuat sebuah animasi gaya tarik bumi menggunakan program aplikasi macromedia flash profesional 8. Dengan macromedia flash, banyak animasi yang dapat dibuat, maka macromedia flash juga berguna dalam proses pembelajaran. Program aplikasi macromedia flash ini merupakan program aplikasi berbasis bahasa pemrogaman script atau yang berguna untuk memberi perintah.
Awal kita membuka macromedia flash, maka akan muncul kotak dialog Opent a Recent Item, Create New, Create From Template. Opent a Recent Item yaitu menu untuk membuka file berekstensi .fla yang terakhir anda buka di flash. Create New yaitu menu untuk membuat file flash baru, sedangkan Create From Template yaitu menu untuk membuat file flash baru dengan template yang sudah disediakan.
Untuk membuat animasi, pilih Create New lalu klik flash document. Dalam flash document terdapat beberapa menu yang bekerja sama untuk membuat suatu animasi. Menu-menu tersebut antara lain Menu Bar, ToolBox, Stage, Panel Library, serta Color Mixar.
Menu Bar merupakan menu yang berisi kumpulan perintah-perintah operasi pada flash, ToolBox merupakan kumpulan tool yang memiliki fungsi-fungsi yang berbeda pada setiap toolnya, Stage merupakan halaman kerja pada flash, Panel Library merupakan panel yang digunakan untuk menampilkan objek-objek yang dibuat, sedangkan Color Mixar merupakan panel yang digunakan untuk memilih warna.
Untuk pembuatan animasi gaya tarik bumi, diperlukan ketelitian dan kesabaran programer dalam membuat gambar, sehingga animasi akan lebih hidup. Seperti pada pembuatan pohon dan buah, perlu keahlian dan kelincahan dalam mengkombinasikan line tool, oval tool, serta selection tool yang berada pada ToolBox. Dimana line tool berfungsi untuk membuat garis, oval tool berfungsi untuk membuat objek berbentuk lingkaran, sedangkan selection tool berfungsi untuk memilih, menyeleksi, serta membentuk objek.
Pada pemberian warna pohon dan buah, tool yang digunakan adalah paint bucket tool, agar warna lebih merata. Supaya animasi lebih menarik, ditambahkan bentuk oval yang digeser sedikit demi sedikit bergerak menuju tulisan dan menutupi tulisan sehingga tulisan dapat terlihat, sama halnya dengan penggeseran buah yang dilakukan sedikit demi sedikit dari frame 61 hingga frame 90 yang terdapat pada Time Line hingga buah menyentuh tanah. Time Line merupakan control animasi terhadap waktu atau kapan sebuah script diimplementasikan pada frame.



BAB V
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Dari hasil kegiatan project work yang telah dilaksanakan secara teori kemudian dilanjutkan dengan praktek, maka dapat diperoleh beberapa kesimpulan yaitu :
1.        Cara instalasi Sistem Operasi tidak hanya dapat dilakukan dengan (Compact Disk) tetapi dapat menggunakan sebuah media falshdisk.
2.        Instalasi menggunakan flashdisk memiliki keakuratan data yang lebih lengkap.
3.        Program Aplikasi Macromedia Flash Profesional 8 dapat dimanfaatkan untuk membantu proses belajar dengan animasi.

B.       Saran
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik saat menginstal sistem operasi maupun program aplikasi sebaiknya :
1.        Periksa software dan hardware terlebih dahulu sebelum memulai instalasi.
2.        Periksa komputer atau netbook agar dalam keadaan baik.
3.        Gunakan flasdisk untuk instalasi sistem operasi untuk meminimalisir corrupt.
4.        Untuk membuat animasi menggunakan macromedia flash, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran serta kelincahan programer agar mendapatkan hasil yang baik.
5.        Dengan program aplikasi macromedia flash profesional 8, banyak animasi yang dapat dibuat sesuai kekreatifan programer.


DAFTAR PUSTAKA




1 komentar: